fbpx

fisella

Tentang Fisella

Siapa Fisella?

Kata pepatah yak kenal maka tak sayang, sekali kenal eh malah jadi sayang beneran. Eh jangan baper dulu, tapi inilah kami Fisella, sebuah ekosistem musik yang dibangun oleh rekan-rekan Mahasiswa Musik ISI Yogyakarta dengan visi menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan ekonomi kreatif sektor musik di Indonesia melalui edukasi musik dan produksi musik. Saat ini Fisella berkembang menjadi menjadi sebuah usaha berskala mikro yang terbagi atas tiga layanan utama yaitu Fisella Music Production, bergerak dalam kegiatan produksi musik, Fisella Music Course, bergerak di bidang kursus musik, dan Fisella Music Academy, sebuah platform e-learning musik.

Sejarah singkat Fisella?

"Passion mengubah segalanya" ini adalah sebuah kalimat pendek yang tepat bagi Peter Angga Branco de Vries Mau (dikenal sebagai Peter de Vries Guitar di media sosial) sebagai penggagas Fisella. Setelah bekerja selama dua tahun menjadi staff auditor pada salah satu perusahaan multifinance di Jakarta pasca studi S1-Teknik Informatika di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Peter justru memilih untuk banting stir ke dunia musik dengan melanjutkan studi S1-Musik (Musikologi) di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan membangun Rumah Cover Musik (cikal bakal Fisella Music Production) pada 2018. Sadar akan sempitnya lapangan pekerjaan di bidang musik, pada Januari 2019 Peter bersama Jelang Bagaskara, salah seorang rekan kelasnya membangun Fisella Music Course dengan layanan kursus musik online dan kursus musik home service di Jogja sebagai wadah lapangan pekerjaan baru bagi rekan mahasiswa ISI Yogyakarta. Usaha Fisella Music Course dan Rumah Cover Musik mampu berjalan dengan baik dan berkembang dengan bertambahnya murid dan klien, sehingga pada Januari 2020 Rumah Cover Musik berganti nama menjadi Fisella Music Production. Fisella terus berjalan dan berkembang bahkan melalui masa pandemi yang cukup sulit, sehingga pada Januari 2021 Fisella mencoba untuk memperkuat pondasi dengan menambah personil yang cakap untuk mengelola manajemen Fisella. Fisella menggandeng Gabriella Charis, mahasiswa S1-Penciptaan Musik ISI Yogyakarta untuk mengembangkan Fisella yang lebih baik. Berbarengan dengan masuknya Gabriella Charis, Fisella membangun Blog Fisella, sebuah platform majalah musik digital yang berisi pengetahuan musik dan dapat diakses secara gratis. Blog ini ditulis oleh Tim Penulis Blog Fisella dari mahasiswa musik aktif ISI Yogyakarta. Sejak artikel dari Tim Penulis Blog Fisella dibagikan ke sosial media dan circle pertemanan di kampus ISI Yogyakarta, Fisella semakin dikenal bahkan pada skala nasional, dibuktikan dengan proyek musik dan murid online course Fisella yang datang dari seluruh Indonesia.

Melihat pesatnya percepatan digital saat pandemi berlangsung, pada 2022 Fisella mengembangkan e-learning musik yang diberi nama Fisella Music Academy.

Filosofi Fisella?

Nama Fisella diambil dari tiga musical syllables (suku kata musik) yaitu Fi (4#), Sel (5#), dan La (6). Fi, Sel, dan La membentuk sebuah urutan 4, 5, dan 6, di mana dalam urutan bilangan bulat 4, 5, dan 6 merupakan lanjutan dari 1,2, dan 3 yang kami artikan sebagai dasar. Kami tidak ingin Fisella menjadi sebuah kursus musik dan produksi musik yang hanya berhenti di 1, 2, dan 3 saja, tetapi terus membuat inovasi ke tahap selanjutnya yaitu 4, 5, dan 6. Selain itu 4 merupakan gambaran di mana Fisella lahir di Era Industri 4.0. Fi, Sel, dan La dalam teori musik juga menggambarkan sebuah tangga nada Minor Melodis, sebuah tangga nada yang unik dan berbeda dengan tangga nada Minor Natural dan Minor Harmonis yang dikenal pada umumnya.

Core Team Fisella

Peter de Vries

Founder & Tech

Jelang Bagaskara

Founder & Resource

Gabriella Charis

Operational Head

Creating Musicians for the Future

Terlihat menjanjikan namun inilah visi kami. Fisella ingin mengembangkan peluang usaha di bidang musik yang merangkul para musisi akademis yang berkompeten untuk menyebarluaskan ilmu musik dan produksi musik yang berkualitas dan menciptakan banyak musisi hebat di masa depan. Fisella akan terus berusaha menjadi lebih kuat dari tahun ke tahun dan menciptakan berbagai macam terobosan baru di bidang musik dalam menjawab tantangan saat ini dan di masa depan pada bidang musik.
Kirim Pesan
Tanya Fisella
Daftar kursus musik dapatkan FREE modul pembelajaran dan potongan biaya pendaftaran.